Tips Cara Mengatasi Asam Lambung Naik


Tips Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Keberadaan asam lambung sebenarnya sangat diperlukan tubuh untuk mencerna makanan. Namun, jika kadarnya terlalu banyak, tidak baik juga bagi tubuh. Meningkatnya produksi asam lambung dapat menimbulkan berbagai gejala yang menggangu.

Kondisi ini disebut dengan GERD (gastroesophageal refilux disase). Gejala yang ditimbulkan GERD meliputi sakit dada atau nyeri ulu hati, mulut terasa pahit/asam karena asam lambung naik ke kerongkongan, sulit menelan, dan perut terasa tidak nyaman.


Penyebab pasti melemahnya katup antara kerongkongan bagian bawah dengan lambung belum diketahui secara jelas, tetapi ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena GERD, di antaranya sebagai berikut :
  • Efek samping penggunaan obat-obatan tertentu, seperti aspirin.
  • Merokok.
  • Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu, seperti makanan berlemak, coklat, kopi, dan alkohol dalam jumlah banyak.
  • Infeksi bateri H. pylori.
  • Kondisi medis tertentu, seperti esofagitis (radang esofagus), gastritis (peradangan pada dinding lambung), dan gastroparesis (perlambatan gerakan lambung).

Meperbaiki Gaya Hidup

Mengobati asam lambung tidak lepas dari usaha memperbaiki pola hidup, antara lain dengan cara berikut :

Tidur yang cukup

Refluks asam lambung dapat terpicu apabila kalian memproduksi hormon stres akibat kurang tidur. Jangan abaikan kondisi ini karena bisa menimbulkan komplikasi, menyebabkan penyakit menjadi kronis, dan akibatnya dapat menurunkan kualitas serta angka harapan hidup.

Tidur dengan posisi kepala dan dada lebih tinggi

Yang harus dilakukan adalah menaikan posisi tubuh bagian atas agar lebih tinggi dari tubuh bagian bawah. Tubuh bagian atas yang butuh ditinggikan adalah pinggang ke atas. Jika hanya menambahkan bantal/guling di belakang kepala, biasanya tidak efektif.

Tidak memakai pakaian yang begitu ketat di bagian perut

Hindarilah memakai pakaian yang ketat di bagian perut, karena dapat menekan lambung yang menyebabkan isi lambung naik ke kerongkongan dan muntah. Agar lebih aman, gunakan pakaian yang longgar.




Mengobati Asam Lambung dengan Obat-obatan Alami

Di rumah, kalian juga dapat mencoba membuat obat-obatan alami sendiri. Berikut ini beberapa contoh obat-obatan alami untuk mengobati asam lambung :

Lidah Buaya

Selain menyuburkan rambut, lidah buaya juga dapat menjadi obat alami untuk mengatasi asam lambung. Mengomsumsi lidah buaya dapat membantu meredakan peradangan pada lambung, yang merupakan salah satu pemicu naiknya asam lambung. Untuk mendapatkan manfaatnya, kalian bisa memakannya langsung atau mengolahnya menjadi minuman.

Jahe

Jahe ampuh meredakan mual pada ibu hamil yang alami morning sickness, minuman jahe hangat juga ternyata efektif untuk menurunkan asam lambung. Hal ini karena jahe dapat memberikan respon gastroprotektif, yang dapat mencegah peningkatan produksi asam lambung. Tak hanya itu, jahe juga dapat melawan bakteri Helicobacter pylori, yang hidup pada asam lambung.


Permen Karet

Mengunyah permen karet cukup efektif untuk menurunkan asam lambung. Kunyahlah permen karet bebas gula selama 30 menit setelah selesai makan. Permen karet dapat menjadi obat alami untuk asam lambung karena ketika mengunyahnya, produksi air liur akan meningkat, sehingga asam lambung yang naik bisa ditekan.

Baking Soda

Campurkan sedikit baking soda pada teh, maka nyeri akibat naiknya asam lambung akan mereda. Cara ini dapat dilakukan secara bertahap hingga gejala asam lambung benar-benar mereda. Namun, jangan mengonsumsi teh baking soda ini lebih dari 7 kali dalam sehari. Sebaiknya hanya 1 kali saja dalam seminggu. Sebab, mengonsumsi yang terlalu berlebihan dapat menimbulkan efek samping, seperti mual-mual.

Teh Chamomile

Sebagai obat alami untuk mengatasi asam lambung naik, teh chamomile dapat diminum 1 jam sebelum tidur. Selain dapat mengatasi naiknya asam lambung, teh ini juga efektif dalam meredakan stres yang merupakan salah satu pemicu meningkatnya asam lambung. Cara mengolah teh ini adalah dengan merebusnya, lalu diamkan selama beberapa menit, lalu sajikan. Agar lebih enak, kalian bisa mencampurnya dengan lemon atau madu.


Buah-buahan

Cara paling alami dan terbaik yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi asam lambung secara alami adalah mengonsumsi buah-buahan. Salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi adalah pisang. Sebab, buah ini memiliki kandungan yang bersifat antasid alami, yang dapat menekan produksi asam lambung. Selain pisang, apel juga merupakan salah satu buah yang direkomendasikan. Konsumsilah satu buah apel menjelang tidur, agar tekanan dan volume asam lambung dapat terkontrol.


Usaha untuk mengobati asam lambung dapat dilakukan secara mandiri melalui perubahan gaya hidup. Walau tidak ada bahan alami yang dapt memperbaiki kerusakan kerongkongan akibat GERD, beberapa jenis ramuan alami mungkin dapat membantu meredakan gejala asam lambung. Selain itu, berbagai obat untuk mengendalikan asam lambung kalian bisa membeli obat di apotek tanpa resep dokter.

Namun, jika gejalanya tidak kunjung membaik, segeralah memeriksakan diri ke dokter agar dapat diberikan penanganan yang tepat. Bila perlu dokter dapat melakukan operasi GERD untuk mengatasi penyakit asam lambung.



SUMBER :

Post a Comment for "Tips Cara Mengatasi Asam Lambung Naik"