7 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Lemot dan Cepat Panas

7 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Lemot dan Cepat Panas

Ilmuku Terbaik - HP Android kalian cepat panas? ditambah cepat lemot? jika kalian mengalaminya pasti akan membuat kalian kesal kan?. Ya sama kalian senasip dengan saya, beberapa waktu yang lalu saya mengalami HP lemot dan cepat panas, saya sedikit kesal saat menunggu respon HP Android yang lemot.

Apakah HP Android kalian lemot dan panas itu dipengaruhi oleh spesifikasi HP yang kurang canggih? contohnya saja RAM HP yang masih 1 GB, memori internal masih 4 GB, dan prosesor yang rendah. Menurut saya sih, HP Android yang lemot dan panas itu tidak semuanya dipengaruhi oleh spesifikasi HP tersebut, bisa jadi ada faktor lain yang menyebabkan HP tersebut lemot dan cepat panas seperti : penggunaan aplikasi yang berlebihan, terkena virus, memainkan hp ketika hp sedang di charge, bug aplikasi yang sedang diunduh, dan lain sebagainya.

Jika kalian mengalami hal tersebut jangan risau dan jangan panik, kalian bisa mengatasinya sendiri dengan cara-cara sebagai berikut :

1. Hapus Aplikasi yang tidak berguna.

Android memang menawarkan berjuta-juta aplikasi gratis maupun berbayar yang bisa kalian unduh sesuka hati di Google PlayStore dengan bermacam-macam fitur yang menarik. Menginstal aplikasi yang terlalu banyak akan menyebabkan memori HP cepat penuh yang diamana akan menurunkan kinerja HP dan HP pun akan cepat panas, karena CPU akan bekerja lebih extra dari pada biasanya. Jadi, hapus aplikasi yang tidak berguna, pilihlah aplikasi yang berguna-guna saja dan sesuai kebutuhan kalian.

2. Update Software dan Aplikasi.

Salah satu penyebab HP Lemot ya dikarenakan adanya bug aplikasi dalam smartphone "Android" yang kalian gunakan. Biasanya bug aplikasi tersebut akan diperbaiki oleh Developer dan kita sebagai pengguna wajib memperbaruhi aplikasi dengan cara mengupdate software pada pengaturan.

Sebaiknya kalian mengaktifkan auto update sitem operasi pada smartphone kalian agar kalian tidak tertinggal untuk segera update sistem operasi pada HP Android yang sedang kalian gunakan.

3. Jangan Gunakan Ketika HP Sedang di Charge.

Menggunakan HP ketika sedang di charge dapat membuat HP cepat panas, mengapa bisa begitu?. Karena disebabkan oleh keluar masuknya arus listrik yang tidak stabil. Hal ini pula bisa menyebabkan menurunnya kinerja baterai, yang menyebabkan baterai cepat menggelembung bahkan bisa meledak pula.

4. Hapus File Yang Tidak Berguna/Penting.

File yang berlebihan dapat mempengaruhi kinerja smartphone dan menyebabkan smartphone cepat panas. Memori yang sudah tidak memadahi atau sudah tidak cukup untuk ruang penyimpanan. Oleh karena itu, agar mengindari hal tersebut terjadi maka kalian hapus file-file yang tidak berguna yang ada dalam smartphone kalian agar kembali normal.

Meskipun begitu terkadang juga ada beberapa aplikasi yang menyebabkan smartphone kalian lemot dan panas terutama adalah Game. Biasanya game membutuhkan banyak RAM dalam menjalankan Game tersebut, oleh karena itu kalian harus tahu spesifikasi HP Android kalian. Jika tidak kuat pada beberapa aplikasi yang membutuhkan kinerja lebih maka alangkah lebih baiknya kalian hapus saja aplikasi tersebut agar kinerja HP Android kalian kembali bekerja normal.

5. Istirahatkan HP

Layaknya manusia, HP juga butuh istirahat agar kinerjanya kembali stabil dan fresh. Caranya matikan HP ketika tidak sedang digunakan, misalnya ketika kamu sedang tidur.

6. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Aplikasi Anti Virus.

Lebih baik kalian menggunakan cukup satu aplikasi anti virus untuk mengamankan HP Android kalian karena, jika terlalu banyak anti virus akan menyebabkan HP kalian akan semakin lemot. Hal tersebut disebabkan kinerja anti virus berjalan secara otomatis di background layar HP Android kalian.

Bayangkan saja semisal kalian memiliki banyak aplikasi anti virus dan pada setiap aplikasi anti virus tersebut berjalan otomatis di background layar, sudah pasti akan menggangu kinerja HP Andoid kalian dan ujung-ujung lemot lagi.

7. Kualitas Baterai.

Baterai berperan sangat penting pada sebuah smartphone, penggunaan baterai yang tidak cocok atau sudah tua dapat membuat kinerja tidak stabil dan akan membuat HP cepat panas. Jadi, gunakan baterai yang sesuai dengan type smartphone kalian.

Perlu diketahui, memang ada beberapa HP Android ketika digunakan sebentar saja akan terasa panas, hal itu memang dari vendornya dan disebabkan spesifikasi yang tergolong rendah.

Demikian yang bisa saya paparkan mengenai "7 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Lemot dan Cepat Panas". Semoga bisa bermanfaat.

1 comment for "7 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Lemot dan Cepat Panas"


  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    ReplyDelete