7 Cara Belajar yang Efektif, Efisien, dan Menyenangkan yang Patut Dicoba

Ilmuku Terbaik - Cara belajar yang efektif dan efisien bisa menjadi salah satu cara yang dilakukan orang untuk mendapatkan ilmu dengan cara lebih mudah. Meskipun banyak orang yang getol menuntut ilmu, namun tidak semuanya berhasil dengan sukses. Hanya mereka yang menerapkan cara belajar efektif dan efisien saja yang mampu mencapai kesuksesan seperti yang diinginkannya. Nah, jika ingin mencapai kesuksesan dalam belajar, berikut ini ada beberapa cara belajar yang efektif dan efisien yang bisa kalian lakukan.

1. Menentukan Waktu Belajar Yang Tepat

7 Cara Belajar Yang Efektif, Efisien, Dan Menyenangkan Yang Patut Dicoba

Waktu belajar yang tepat sebenarnya sangat tergantung dari aktivitas dari setiap individu itu sendiri. Namun, ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa bangun tidur merupakan waktu yang paling efektif untuk menimba ilmu. Waktu bangun tidur bisa di pagi hari maupun di sore hari setelah tidur siang. Saat bangun tidur, otak terasa tenang dan badan terasa bugar. Dengan begitu, insyaAllah ilmu yang dipelajari bisa masuk secara maksimal ke dalam otak.

2. Mencari Tempat Yang Nyaman

7 Cara Belajar Yang Efektif, Efisien, Dan Menyenangkan Yang Patut Dicoba

Mungkin, tidak banyak orang yang tahu bahwa tempat sangat mempengaruhi kinerja otak. Semakin nyaman tempat yang dipilih untuk belajar, semakin ringan pula otak dalam menyerap materi yang sedang dipelajari. Oleh karena itu, agar semua ilmu yang diasah dapat terekam secara maksimal didalam otak, carilah tempat yang nyaman untuk belajar. Tidak hanya otak, hati pun akan senang saat belajar di tempat yang nyaman. Dalam hal ini, nyaman bukan berarti harus memilih tempat yang eksklusif dan berkelas. Akan tetapi, lebih pada tempat yang rapi dan bersih.

3. Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih

7 Cara Belajar Yang Efektif, Efisien, Dan Menyenangkan Yang Patut Dicoba

Belajar tidak hanya akan menguras pikiran namun juga tenaga. Tenaga yang lemas akan sangat mempengaruhi sekali dalam belajar, berkurangnya asupan oksigen yang masuk ke dalam otak yang menyebabkan kerja otak lambat. Otak tidak akan berfungsi maksimal dalam menangkap ilmu yang sedang dipelajari. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merefreshkan kembali otak dan kebugaran tubuh adalah dengan mengkonsumsi air putih. Namun begitu, bukan berarti harus mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak. Hal ini juga tidak akan baik untuk konsentrasi kerja otak. Konsumsilah air putih secara proporsional atau jangan terlalu berlebihan.

4. Menjalani Pembelajaran Dengan Disiplin

7 Cara Belajar Yang Efektif, Efisien, Dan Menyenangkan Yang Patut Dicoba

Baik belajar secara online maupun offline, yang paling penting adalah menjalaninya secara disiplin. Tanpa hal ini, hasil yang diperoleh juga tidak akan maksimal. Belajarlah dengan waktu dan lama yang teratur. Jangan tergoda dengan kegiatan yang tidak bermanfaat pada saat jadwal belajar.

5. Menentukan Materi Yang Sudah Dipelajari

7 Cara Belajar Yang Efektif, Efisien, Dan Menyenangkan Yang Patut Dicoba

Menulis merupakan langkah selanjutnya setelah membaca atau mendengar untuk menguatkan ilmu agar lebih lama tertanam di dalam otak. Oleh karena itu, setelah memperoleh suatu pelajaran jangan lupa menuliskan secara ringkas inti dari pembelajaran yang sudah dipelajari. Untuk lebih menguatkan lagi, kamu bisa mendiskusikan materi yang ada, sekaligus mempraktikkan jika materi tersebut bisa dipratikkan secara langsung.

6. Belajar Kelompok/Bersama

7 Cara Belajar Yang Efektif, Efisien, Dan Menyenangkan Yang Patut Dicoba

Metode ini sering kali dikatakan adalah metode yang paling efektif dalam belajar karena, dalam suasan belajar berkelompok yang cukup santai yang menjadikan otak lebih rileks menerima pelajaran/materi yang akan dipahami. Selain itu hal-hal yang belum di ketahui akan lebih mudah di selesaikan dengan bekerja sama.

7. Jangan Banyak Belajar Menjelang Ujian

7 Cara Belajar Yang Efektif, Efisien, Dan Menyenangkan Yang Patut Dicoba

Saat ujian, kamu membutuhkan otak yang fresh dan tenang. Oleh karena itu, jangan paksakan otak kamu dengan berbagai pelajaran yang menguras banyak tenaga. Sebab, justru itu akan membuat otak terasa lelah pada saat kamu menjalani ujian. Dan akibatnya sangat fatal, ujian akan gagal total. Oleh sebab itu, belajarlah saat jau-jauh hari sebelum ujian tiba, dan kurangi waktunya menjelang ujian. Itulah cara belajar efektif.

Mungkin itu saja yang bisa saya paparkan mengenai "7 Cara Belajar Yang Efektif, Efisien, Dan Menyenangkan Yang Patut Dicoba" semoga bisa bermanfaat. Sekian terima kasih.

Post a Comment for "7 Cara Belajar yang Efektif, Efisien, dan Menyenangkan yang Patut Dicoba"