4 Tips Sukses Belajar Online

4 Tips Sukses Belajar Online

Ilmuku Terbaik - Belajar online kini sedang menjadi tren di tengah masyarakat, terutama anak muda jaman now. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat yang memicu para instirusi menawarkan kursus online. Apa lagi ditambah yang sekarang ada sebuah bencana alam non alam yaitu Virus Corona, yang mengharuskan kita berada di rumah saja. Nah dengan adanya belajar online kita bisa belajar dirumah saja. 

Baiklah berikut ini adalah tips yang harus dilakukan dalam belajar online :

1. Menyusun Jadwal Yang Pasti

Kamu harus menentukan jadwal pembelajaran karena metode pembelajaran ini sangat mengandalkan inisiatif. Jadwal ini meliputi pemilihan waktu pembelajaran.

Dalam hal ini, kamu harus benar-benar menyesuaikan dengan aktifitas serta kondisi fisik. Gunakanlah waktu-waktu luang untuk mengikuti pembelajaran ini, misalnya pada pagi haris setelah bangun tidur atau setelah pulang sekolah sebelum tidur siang.

Lama pembelajaran pun sebaiknya diatur agar tidak terlalu lama dan berlebihan. Ingat, kamu masih mempunyai aktifitas rutin yang harus dikerjakan dan pasti akan menguras tenaga dan pikiran. Oleh sebab itu, bijaklah dalam menentukan jadwal pembelajaran ini.

2. Jangan Sekali-kali Mengabaikan Layanan Chatting

Dalam setiapp pembelajaran online, pasti disediakan fitur chatting dengan para pembimbing/mentor. Nah, untuk itu jangan sekali-kali kalian mengabaikan fitur ini untuk menanyakan hal apapun yang belum kalian pahami saat itu juga. Bisa jadi, sang pembimbing akan menjawab keesokan harinya.

Namun, ini lebih baik karena pertanyaan bisa langsung terungkapkan daripada harus menundanya yang akan berujung pada lupa. Layanan chatting juga bisa menjadi jembatan bagi kamu lebih senang bertanya lewat chat daripada bertatap muka langsung.

3. Menjauh Diri dari Semua Distraksi

Sama halnya dengan metode belajar lain, belajar online juga banyak godaannya. Terlebih pembelajaran ini sangat mengandalkan kedisiplinan sendiri. Tanpa niat yang kuat untuk menjauh dari segala macam godaan, seperti mengakses media sosial, atau lainnya maka pembelajaran ini tidak akan sukses.

Oleh karena itu, jangan membuka aplikasi selain aplikasi pembelajaran itu. Sekuat tenaga jangan tergoda untuk membuka media sosial. Bahkan, mintalah keluarga untuk tidak mengganggu selama pembelajaran. Jika perlu, gunakanlah headset agar tidak ada suara-suara lain yang masuk ke telinga dan mengganggu konsentrasi saat belajar.

4. Konsisten

Sebaik apapun bimbingan online yang digunakan dan termasuk jadwal yang dibuat apabila tidak konsisten maka semua itu akan sia-sia. Mematuhi jadwal yang sudah dibuat sendiri adalah kunci sukses terakhir yang harus dilakukan.

Jangan mudah tergoda untuk mengikuti kegiatan lain pada saat jadwal belajar dimulai. Jika mungkin, buat negosiasi dengan keluarga atau teman untuk menunda kegiatan lain tersebut setelah pembelajaran selesai.

Belajar online memang cukup mudah karena kamu sendirilah yang menjadi penentunya, baik jadwal maupun waktunya. Namun, jangan anggap mudah karena pembelajaran ini membutuhkan kedisiplinan diri yang tinggi agar bisa sukses tanpa mengganggu aktivitas kamu yang lainnya.

Baiklah mungkin itu saja yang bisa saya paparkan mengenai "4 Tips Sukses Belajar Online" semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk menerapkan ke-4 tips tersebut agar kalian sukses dalam mengikuti metode pembelajaran online. Sekian terima kasih

Post a Comment for "4 Tips Sukses Belajar Online"