Dampak Perkembangan Teknologi yang Dapat Dirasakan Sekarang

ilmukuterbaik.blogspot.com - Perkembangan teknologi di era modern seperti sekarang ini semakin hari semakin canggih pula teknologi yang muncul, terlebih lagi di masa pandemi COVID-19 ini dimana kita harus tetap tinggal dirumah dan mematuhi semua protokol kesehatan.

Meningkatnya perkembangan teknologi yang semakin cepat ini membuat teknologi berdampak terhadap berbagai bidang, sebelum masuk dalam pembahasan dampak yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi maka kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang teknologi itu, nahh kali ini ilmukuterbaik.blogpsot.com akan menjelaskan mengenaik teknologi.

APA ITU TEKNOLOGI ?

Teknologi merupakan sebuah sarana dan prasarana yang menyediakan sebuah barang atau komponen yang dibutuhkan bagi kelangsungan hidup dan kenyamanan hidup manusia. Biasanya penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan adanya pengubahan sumber daya alam menjadi berbagai macam alat-alat.

Seiring perkembangan teknologi mengalami perluasan makna, menjadi sebuah benda yang tidak berwujud seperti software, metode pembelajaran, metode bisnis dan lainnya.

Contoh teknologi yang nyata di era modern ini sangat banyak mulai dari teknologi yang kita sering gunakan seperti komputer, laptop, handphone, robot, mobil, motor, dan lainnya. Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju tentu akan lebih banyak teknologi yang muncul seperti mobil terbang, pesawat tanpa awak, skateboard terbang, dan lainnya.

FUNGSI DAN MANFAAT TEKNOLOGI

Saat pandemi ini, teknologi sangat bermanfaat untuk membantu berlangsungnya hidup manusia. Seperti yang kita ketahui, kita sangat dianjurkan untuk tidak keluar rumah apabila bukan urusan yang sangat mendesak demi mengurangi mata rantai penyebaran COVID-19.

Aplikasi-aplikasi yang dapat melakukan panggilan video, pemesanan makanan dan kebutuhan barang-barang secara online dan yang paling penting adalah internet, internet telah berkontribusi besar untuk memastikan bahwa manusia tetap dapat menghubungi satu sama lain dan kebutuhan-kebutuhan dasarnya terpenuhi.

Di samping itu, teknologi juga dapat digunakan sebagai sarana eksplorasi untuk menambah wawasan serta pengetahuan dalam penyelesaian pekerjaan.

DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI YANG DAPAT DIRASAKAN

Kemajuan teknologi yangberkembang semakin pesat pastinya akan merubah gaya hidup manusia, dan seperti yang telah dibahas sebelumnya yaitu mempermudah hidup secara umum. Dari pesatnya perkembangan teknologi informasi ini membawa banyak pengaruh positif, yang dimaksud dari pengaruh positif ini halnya sebagai berikut :

  • Memudahkan pekerjaan
  • Mempermudah dan mempersingkat proses pertukaran informasi
  • Dapat berkomunikasi denga orang lain walau tidak berada di lokasi yang sama
  • Pekerjaan yang dapat dilakukan oleh satu orang menjadi lebih efektif dan efisien

Banyaknya pengaruh positif yang diperoleh dari tumbuhnya teknologi juga sebanding dengan hal negatif yang ditimbulkan, seperti hal-hal di bawah ini :

  •  Meningkatnya jumlah pengangguran karena semakin banyak perusahaan yang menggunakan teknologi dibandingkan dengan manusia
  • Membuat candu terhadap gadget yang diiliki dan aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya.
  • Berkurangnya sosialisasi antar manusia karena terlalu fokus terhadap dirinya yang berinteraksi dengan teknologi

Dari pembahasan artikel diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa teknologi yag terus berkembang dapat membuat hidup kita lebih mudan dan nyaman. Meski begitu, jika tidak dipergunakan secara bijak maka bisa menibulkan dampak negatif yang justru dapat memperburuh kualitasi hidup manusia. Bagaimana kita menyikapi dampak-dampak dari perkembangan teknologi tergantung kepada diri kita sendiri.

Post a Comment for "Dampak Perkembangan Teknologi yang Dapat Dirasakan Sekarang"