Cara Mudah Belajar Berenang untuk Anda yang Masih Pemula


Berenang memberikan kita banyak manfaat, mulai dari memperkuat otot, menjaga berat badan, meningkatkan tinggi badan, hingga mencegah penyakit jantung. Namun, berenang juga memiliki kesulitan tersendiri dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya. Bagi Anda yang masih pemula atau masih belajar berenang, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar belajar berenang terasa lebih mudah.

Cara Belajar Berenang Untuk Pemula

Renang adalah olahraga dengan waktu adaptasi yang lama, sebab tubuh manusia telah terbiasa untuk beraktivitas di darat dan jarang bergerak di dalam air. Selain itu, berenang juga melibatkan seluruh otot tubuh sehingga orang yang tidak terbiasa akan mudah lelah.

Berikut ini adalah beberapa teknik yang dapat Anda lakukan untuk belajar berenang dengan mudah :

1. Mempersiapkan Peralatan yang Diperlukan

Ada berbagai macam peralatan renang dengan kegunaannya masing-masing. Misalnya : kacamata renang membuat pandangan tetap jernih dan melindungi mata. Sementara penyumbat hidung dan telingan untuk melindungi kedua bagian tubuh dari kemasukan air.

Anda juga bisa menggunakan papan pelampung untuk menopang tubuh ketika fokus melatih gerakan kaki. Pilihlah peralatan yang sesuai dengan kebutuhan untuk mempermudah Anda dalam belajar berenang.

2. Membiasakan Diri Berada Di dalam Air


Sebelum Anda belajar berenang, lakukan cara ini untuk membuat diri Anda merasa nyaman berada di dalam air. Cobalah berjalan dari tepi menuju bagian kolam renang yang lebih dalam. Hal ini bertujuan agar Anda terbiasa dengan daya apung air.

Setelah terbiasa, kembalilah ke tepi kolam. Sambil memegang tepi kolam, biarkan wajah Anda berada di air dan embuskan napas hingga terbentuk gelembung udara. Teruslah berlatih melakukan ini hingga Anda merasa nyaman berada di dalam air.

3. Belajar Mengapung


Anda sebenarnya dapat mengapung berkat daya apung air, tapi Anda mungkin harus membiasakan diri terlebih dahulu. Caranya, berpeganglah pada tepi kolam renang. Tarik napas dalam dan angkat kedua kaki hingga posisi tubuh terlentang.

Ini merupakan cara paling dasar yang harus dikuasai saat belajar berenang. Anda mungkin akan kesulitan pada awalnya, tapi teruslah berlatih mencoba hingga Anda bisa mengapung selama 15-30 detik. Kemudian, cobalah mengapung tanpa berpegangan.

4. Bergerak ke Depan


Setelah melakukan teknik mengapung, kini saatnya belajar bergerak ke depan. Sebagai awalan, Anda bisa menggunakan alat bantu seperti papan pelampung. Pegang papan di hadapan Anda dengan tangan lurus, lalu dorong tubuh Anda dengan memanfaatkan dinding tepi kolam.

Cobalah menendang dengan kedua kaki Anda secara bersamaan. Putarlah kepala Anda ke kiri dan ke kanan untuk mengambil napas. Lakukan langkah ini hingga Anda terbiasa, lali cobalah kembali tanpa alat bantu.

5. Mempelajari Gaya Renang Dasar


Usai menguasai cara berenang, Anda bisa mempelajari beberapa gaya renang dasar. Gaya renang yang disarankan untuk pemula adalah gaya katak atau gaya dada, gaya kupu-kupu atau gaya dolphine, gaya punggung, dan gaya bebas atau gaya crawl. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Gaya kupu-kupu dan gaya crawl bisa membuat Anda maju dengan cepat, tetapi Anda akan cepat merasa lelah. Sebaliknya, gaya dada dan gaya punggung relatif mudah karena Anda tidak harus repot mengatur napas, tapi keduanya tergolong lebih lambat.

Ada banyak cara untuk belajar berenang, tapi kuncinya adalah belajar mengapung dan bergerak ke depan. Jangan cemas apabila Anda belum berhasil, sebab beberapa orang memang memerlukan waktu lebih lama hingga mampu berenang dengan baik.

Selama belajar berenang, pastikan keamanan Anda terjamin. Belajarlah dengan bantuan instruktur atau dengan seorang teman Anda yang sudah mahir dalam berenang. Jangan pernah belajar berenang sendirian, terutama jika Anda masih benar-benar pemula.

Mungkin hanya itu yang bisa kami paparkan mengenai Cara Muda Belajar Berenang untuk Anda yang Masih Pemula. Semoga bisa bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mudah Belajar Berenang untuk Anda yang Masih Pemula"