Pengertian Pameran Seni Rupa, Tujuan, Manfaat, Fungsi, dan Jenis



Pameran merupakan suatu kegiatan yang penyajian karya seni rupa dikomunikasikan sehingga dapat diapresiakan oleh banyak orang/masyarakat. Pameran ini juga merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan kepada masyarakat luas yang melalui sebuah media karya seni.

Dalam kegiatan ini diharapkan dapat terjadi komunikasi antara perupa yang diwakili oleh masing-masing karya seninya dengan apresiasi. Penyelanggaraan pameran yang terdapat di sekolah menyajikan sebuah materi pameran yang berisi hasil belajar siswa dari kegiatan pembelajaran maupun kegiatan ekstrakurikuler atau menyajikan karya seni rupa dan seniman prefesional yang dapat diapresiasikan oleh warga sekolah.

Pameran Karya Seni Rupa adalah kegiatan yang dilakukan oleh para seniman baik itu perorangan ataupun kelompok untuk menyampaikan ide gagasan pada masyarakat melalui media seni rupa sehingga pameran tersebut dapat menjadi alat komunikasi antara seniman dengan sang apresiator.


Pengertian Pameran Menurut Para Ahli
  • B.Myers
Pameran merupakan aktivitas menggunakan suatu ruangan untuk memamerkan hasil karya seni seperti : lukisan, cetakan, ukiran, foto, ataupun karya seniman lainnya.
  • Wikipedia
Pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa agar bisa diapresiasi oleh masyaakat luas. Contohnya : show, pekan raya, bazar, pasar murah, exhibition, dan lain-lain.
  • Adi Irwanto
Pameran adalah cara untuk menyajikan hasil karya seni baik itu karya seni dua dimensi ataupun tiga dimensi secara visual.


Tujuan Pameran Seni Rupa


Ada beberapa tujuan diadakannya pameran, diantaranya :
  1. Tujuan Sosial : Tujuan sosial memiliki arti yaitu kegiatan pameran seni rupa baik dalam skala besar maupun dalam skala yang terbatas di sekolah tersebut. Karya seni yang dipamerkan dapat digunakan untuk kepentingan sosial.
  2. Tujuan Kemanusiaan : Tujuan kemanusiaan berbeda dengan tujuan kemanusiaan kegiatan pameran. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk kepentingan pembinaan nilai-nilai, pelestarian, dan pengembangan sebuah hasil dari karya seni yang dimiliki oleh masyarakat. Apabila pameran bertujuan untuk sosial kemanusiaan, maka dana dari hasil penjualan karya akan digunakan untuk kegiatan sosial kemanusiaan seperti : sumbang ke Panti Asuhan, ataupun masyarakat kurang mampu serta korban bencana alam.
  3. Tujuan Komersial : Tujuan komersial pameran ini berkaitan dengan adanya kegiatan yang dapat menghasilkan profit ataupun keuntungan terutama bagi seniman dan juga penyelenggara-penyelenggara pameran. Berkaitan dengan tujuan komersial, sebuah kegiatan pameran akan diselenggarakan dengan tujuan agar karya yang dipamerkan akan laku terjual dan akan mendatangkan keuntungan bagi si pemilik karya atau bagi si penyelenggara pameran.

Fungsi Pameran Seni Rupa


Pameran karya seni rupa memiliki berbagai fungsi sosial bagi masyarakat, diantaranya sebagai berikut :
  • Sebagai Sarana Edukasi
Pameran berfungsi mendidik siswa untuk mengetahui pentingnya pengalaman batin yang berguna untuk menyeimbangkan kegiatan akal dan pikiran manusia.
  • Sebagai Sarana Apresiasi
Pameran tersebut diadakan berfungsi untuk mengeluarkan ide gagasan pencipta yang kemudian para pengujung akan memberikan apresiasi atau memberi penilaian terhadap karya seni yang mereka buat, proses apresiasi dapat dibedakan menjadi 2 yaitu : Apresiasi aktif, dan Apresiasi pasif.
  • Sebagai Sarana Prestasi
Pameran dapat menjadi ajang kompetisi bagi para pencinta seni, karena melalui karya seni kita tahu setinggi apa keaktifan dan kreativitas pencinta seni dalam membuat sebuah karya.
  • Sebagai Sarana Rekreasi
Pameran dapat berfungsi sebagai tempat untuk merilekskan pikiran dan menghilangkan kejenuhan atas kegiatan atau rutinitas sehari-hari baik itu sekolah, kerja atau sebaginya yang banyak menguras energi dan pikiran.

Jenis Pameran Seni Rupa


  • Menurut Jumlah Pesertanya
    1. Pemeran Tunggal, merupakan pemeran seni rupa yang hanya diselenggarakan secara individual (perorangan).
    2. Pemeran Kelompok/Bersama, merupakan pameran seni rupa yang diselenggarakan oleh beberapa seniman/pengerajin. Materi yang dipamerkan pada pameran bersama merupakan karya-karya lebih dari satu seniman. Biaya pameran ditanggung oleh seniman yang bersangkutan.
  • Menurut Sifatnya
    1. Pemeran Insidental, yaitu pameran seni rupa yang diselenggarakan secara berskala yang didasarkan atas kebutuhan yang ada, misalnya : Pameran kaligrafi guna menyongsong perayaan Isro' Mi'raj.
    2. Pameran Rutin, yaitu pameran seni rupa yang diselenggarakan pada periode tertentu secara tetap dan berkelanjutan, misalnya : Pentas seni yang dilakukan setiap akhir semester.
    3. Pameran Permanen, yaitu pameran seni rupa yang diselenggarakan secara terbuka, tetap dan terus menerus.
  • Menurut Ragam Jenis Karya Yang Digelar
    1. Pameran Homogen, yaitu pameran seni rupa yang memamerkan berbagai jenis karya seni rupa.
    2. Pameran Heterogen, yaitu pameran seni rupa yang memamerkan satu jenis karya seni rupa yang seragam.
  • Menurut Tempat Berlangsungnya
    1. Pameran Terbuka, yaitu pameran seni rupa yang berlangsung di luar ruangan secara terbuka.
    2. Pameran Tertutup, yaitu pameran seni rupa yang berlangsung di dalam ruangan suatu gedung.
    3. Pameran Bergerak, yaitu pameran seni rupa yang diselenggarakan menggunakan alat yang bergerak, seperti kendaraan.
  • Menurut Jenis Dimensi Karya Seni Rupa
    1. Pameran Karya Seni Rupa Dua Dimensi, yaitu pameran yang hanya menyajikan  karya seni rupa pada bidang datar seperti : Gambar, Lukisan, Seni grafis. Karya ini hanya dapat dinikmati dari satu arah.
    2. Pameran Karya Seni Rupa Tiga Dimensi, yaitu pameran yang hanya menyajikan karya seni rupa yang memiliki volume/kesan ruang yang sebenarnya, yaitu memiliki ukuran Panjang x Lebar x Tinggi. Karya seni ini dapat diamati dari berbagai arah.
Contohnya :
  • Untuk Menumbuhkan dan menambah kemampuan apresiasi seorang terhadap karya seni rupa.
  • Untuk melatih diri agar bisa bekerja sama dengan orang lain.
  • Untuk melatik sikap tanggungjawab dan kemandirian.
  • Untuk menumbukan motivasi.
  • Untuk dijadikan sebagai sarana promosi.
  • Untuk menghilangkan rasa stres dan jenuh dari rutinitas/aktivitas sehari-hari.

Mungkin hanya itu yang bisa saya paparkan mengenai Pengertian Pameran Seni Rupa, Tujuan, Manfaat, Fungsi, dan Jenis. Semoga bisa bermanfaat.

Post a Comment for "Pengertian Pameran Seni Rupa, Tujuan, Manfaat, Fungsi, dan Jenis"