Semua Tentang Furniture, Sejarah, Fungsi, Pengertian, Jenis, dan Contoh

Ilmuku Terbaik - Furniture atau mebel merupakan hal yang tak bisa dipisahkan dari bagian dalam sebuah bangunan. Selain mempunyai fungsi yang sangat penting dalam hal penyimpanan, furniture/mebel juga berpengaruh terhadap tampilan interior karna mampu menguatkan desain yang akan digunakan di dalamnya.

Sejarah Furniture

Kata "furniture" berasal dari bahasa lain mobile yang berarti "movable", dalam bahasa Perancis, furnitur disebut dengan "foiurnir", yang berarti to furnish sehingga diterjemahkan ke dalam bahasa inggris dengan istilah furniture. Sementara itu kata mebel berasal dari bahasa Perancis yang berarti "meubel", atau dalam istilah bahasa Jerman yakni "mobel".

Mebel digunakan sebagai alat untuk mendukung tubuh manusia, menyimpan atau menampilkan barang, dan membagi ruangan. Mebel dikelompokkan sesuai dengan kegunaan sosial, yakni healthcare, hospitality, kantor, rekreasi, agama, hunian, toko, dan penyimpanan.

Fungsi Furniture

Furngsi utama furnitur/mebel ialah sebagai media penyimpanan dan tempat untuk melakukan sebuah aktivitas, akan tetapi dari fungsi utama tersebut, furnitur juga memiliki fungsi lain, diantaranya:

  • Meningkatkan nilai tambah sebuah perusahaan seperti mebel ruang kerja guna membangkitkan motivasi karyawan karna memberikan suasana dan fasilitas yang mendukung.
  • Sebagai pengisi ruang hunian atau tempat tinggal.
  • Memberikan kesan estetika tersendiri dalam sebuah ruangan.
  • Mendukung aktivitas didalam sebuah ruang bagunan, misal didalam bagunan perkantoran.
Terkadang furnitur di suatu ruangan terlihat kurang menarik dan tidak cocok dengan desain interior ruangannya. Maka dari itu pentingnya mempertimbangkan secara pasti sebelum melakukan pembelian. 

Hal ini guna memastikan bahwa furnitur yang digunakan mempunyai fungsi dan nilai estetika yang sesuai dengan kebutuhan ruang tempat.

Pengertian Furniture

Furniture merupakan mebel atau sering dikenal sebagai perabot rumah tangga. Furniture dapat digunakan sebagai menyimpan atau meletakkan suatu barang seperti, buku, botol minuman, tas, dan lain sebagainya.

Selain fungsi untuk menyimpan barang, furniture dapat digunakan sebagai tempat untuk melakukan sebuah aktifitas seperti melakukan menulis dan menggambar di meja tulis, dan lainnya.

Jenis Furniture

Built-in Furniture

Built-in Furniture adalah jenis furnitur yang dibuat/didesain secara permanen, tidak bisa dirubah maupun dipindahkan ke tempat lainnya.

Sifat dari furniture ini adalah dari bentuknya yang dibuat berdasarkan kondisi ruangan sehingga mampu memanfaatkan setiap sisi ruang yang tersedia. Jenis furniture ini cocok digunakan diapartemen.

Transformable Furniture

Transformable Furniture merupakan perabot pilihan yang menciptakan hunian yang lebih simpel dengan ruang gerak yang leluasa. Furniture jenis ini bahkan cocok digunakan pada rumah minimalis mungil karena satu perabotan multifungsi.

Inflatible Furniture

Inflatable Furniture adalah jenis mebel/furnitur yang sebelumnya berukuran kecil bisa dimodifikasi ukurannya menjadi lebih besar, hal ini bertujuan untuk memaksimalkan fungsinya, seperti contohnya sofa dan spring bed, sofa bed, meja lipat, rak tangga, dan lain sebagainya.

Mobile Furniture

Mobile Furniture merupakan perabot yang disesuaikan dengan penggunaannya yang dibisa dikenali dengan ciri penggunaan roda. Menariknya, furnitur ini sudah disusun sesuai dengan penggunaan agar mudah dipindahkan seperti kursi kantor beroda atau meja komputer.

Knockdown Furniture

Mungkin teman-teman tidak asing lagi dengan jenis furnitur satu ini yaitu furniture knockdown. Furnitur satu ini merupakan jenis furnitur yang bisa dibongkar pasang dengan mudah sehingga cocok digunakan untuk yang sering berpindah hunian. Jenis furnitur ini memiliki tampilan yang minimalis, elegan, dan eksotis karena bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan penggunanya.

Free Standing Furniture

Free Standing Furniture merupakan jenis furnitur yang didesain dalam bentuk konstruksi utuh, Furnitur ini terbilang cukup besar karena tidak dapat dilipat ataupun dibngkar pasang seperti contohnya, lemari pakaian, kitchen set, tempat tidur, dan lain sebagainya.

Post a Comment for "Semua Tentang Furniture, Sejarah, Fungsi, Pengertian, Jenis, dan Contoh"